Pembentukan Kristal Kolesterol Dalam Darah

Sakit maag atau batu empedu?

20.6Apa anda pernah mengalami nyeri di sekitar lambung? Jika ya, maka penyakit apa yang sedang anda derita sakit maag atau batu empedu? Nyeri di sekitar lambung memang memiliki banyak kemungkinan, tidak hanya sakit maag mungkin adanya kristal kolesterol dalam darah atau biasa disebut batu ginjal.

Cara membedakan sakit maag dan batu ginjal

Karena letak lambung dan kantong empedu berdekatan, yaitu di ulu hati, maka sedang terjadi peradangan dan menyebabkan rasa sakit yang hampir sama. Untuk membedakan sakit maag dengan batu ginjal makan perlu diperhatikan penjalaran dan frekuensi rasa nyerinya.

  1. Apabila sakit maag, maka rasa sakit biasanya pelan-pelan hingga rasa sakitnya begitu hebat. Peradangan pada lambung biasanya nyerinya berada lebih sedikit ke atas ulu hati dan ke kiri.
  2. Apabila batu empedu, maka sakitnya hilang timbul, bisa tiba-tiba timbul rasa yang sangat hebat kemudian menghilang begitu saja.  Pembentukan kristal kolesterol dalam darah yang menyebabkan terjadi peradangan pada kantong empedu dan saluran empedu bisa menimbulkan nyeri di bawah tulang iga, dan sedikit ke kanan. Dan rasa nyeri tersebut berpotensi menjalar ke pinggang bagian kanan dan bahu kanan.

19.1Batu empedu biasanya terbentuk di dalam kantong empedu atau saluran empedu atau keduanya. Batu ini dapat memicu radang dan infeksi pada kantong empedu dan di saluran lain apabila batu keluar dari kantong empedu dan menimbulkan penyumbatan di saluran lain. kristal kolesterol dalam darah yang telah membentuk batu empedu berukuran kecil lebih berbahaya daripada yang besar karena batu kecil berpeluang berpindah tempat atau berkelana ke tempat lain sehingga bisa memicu masalah baru.

Mengonsumsi lemak yang berlebihan bisa menyebabkan pembentukan kristal kolesterol dalam darah, penumpukan lemak di dalam tubuh sehingga sel-sel hati dipaksa untuk bekerja keras menghasilkan cairan empedu. Cairan empedu bertugas dalam proses penyerapan lemak dan vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Cairan empedu berada di kantong empedu yang terletak di bawah organ hati. Bentuknya seperti buah pir. Kandung empedu terhubung dengan hati dan usus dua belas jari melalui saluran empedu.

Bila kadar kolesterol dalam tubuh meningkat dan hati tidak bisa lagi mengeluarkannya, maka akan terbentuk  kristal kolesterol dalam darah sehingga terbentuk batu empedu. Awalnya kolesterol mengendap, lalu terjadi penebalan dinding empedu. Selanjutnya akan terjadi perubahan kimiawi berupa pembentuka kristal kolesterol dalam darah pada empedu yang disebut batu empedu.

Batu empedu juga bisa disebabkan tumpukan pigmen bilirubin dan garam kalsium yang membentuk partikel seperti kristal padat. Karena itu, batu empedu dari tumpukan kolesterol berwarna kekuningan dan tampak mengilap seperti minyak atau bisa deisebut sebagai kristal kolesterol dalam darah, sedangkan dari tumpukan pigmen bilirubin berwarna hitam tetapi keras atau berwarna coklat tua, tetapi rapuh.

kristal kolesterol dalam darah atau batu empedu bisa menyebabkan berbagai masalah apabila masuk ke saluran pencernaan atau usus halus. Terkadang batu pun muncul pada saluran empedu. Apabila batu ini terdapat pada kandung empedu bisa terjadi peradangan kolestitis akut. Itu karena adanya pecahan batu di dalam saluran empedu yang menimbulkan rasa sakit berlebihan

07.15

Riset membagi penyebab penyakit batu empedu berdasarkan wilayahnya:

  1. Di negara-negara Asia, umumnya pembentukan kristal kolesterol dalam darahatau batu empedu disebabkan oleh infeksi saluran pencernaan. Untuk di Indonesia sendiri, terjadinya penyakit batu empedu karena terjadi infeksi di usus, yang berasal dari kuman yang ada di makanan.
  2. Di negara-negara Barat, batu empedu disebabkan empat faktor, yaitu usia di atas 40 tahun, jenis kelamin wanita, diet tinggi lemak, dan masalah kesuburan.

Diagnosis batu empedu

  1. Laboratorium darah lengkap

Pengujian darah lengkap dilakukan karena jika keadaan sel darah putih (leukosit) sangat tinggi akan dicurigai telah terjadi  peradangan saluran empedu, jaringan empedu telah mati dan membusuk (gangren) atau jebolnya kantong empedu (perforasi).

  1. Laboratorium fungsi liver

Pengujian fungsi liver untuk mengetahui kadar bilirubin langsung, alkali fosfatase,  transaminase dan amilase. Bila semua nilai lab tersebut meningkat dan juga disertai gejala penyakit kuning, maka kemungkinan telah terjadi kebuntuan saluran empedu (ikterus obstruksi).

  1. USG

USG sendiri dilakukan untuk memastikan apakah ada batu dalam empedu.

Dengan tiga pemeriksaan diatas sudah cukup untuk mengetahui apakah ada kristal kolesterol dalam darah anda atau tidak serta biayanya relatif terjangkau. Namun ada beberapa pemeriksaan lainnya tetapi untuk kecurigaan pada timbulnya penyakit lain

  1. CT-Scan

Pemeriksaan CT-Scan dilakukan bila ada kecurigaan adanya penyakit kanker pankreas, kanker liver,  atau nanah pada liver (abses hepar).

  1. Endoscopic Retrograde Cholangio Pancreatography (ERCP), Magnetic Resonance Cholangio Pancreatography (MRCP), dan  Kolangiografi perkutan transhepatik (PTC) untuk memeriksa apakah terjadi kebuntuan saluran empedu (ikterus obstruksi).

Pemeriksaan yang lainnya dilakukan pada  kondisi-kondisi khusus serta biaya yang relatif mahal. Untuk itu kritislah ketika sedang mengobati masalah kristal kolesterol dalam darah anda.

Obat penyakit batu empedu

Ada dua cara untuk mengobati penyakit batu empedu

  1. Melakukan pengobatan dengan kombinasi obat ursodeoxicholic acid (UDCA) dan  obat chenodeoxycholic acid (CCDA). Obat CCDA berfungsi untuk mengurangi sintesis kolesterol dan obat UDCA yang berfungsi untuk mengurangi penyerapan kolesterol. Namun obat-obat tersebut hanya bisa mencegah pembentukan kristal kolesterol dalam darah.
  2. Melakukan tindakan medis untuk menghilangkan batu empedu, yaitu dengan melakukan laparoskopi atau operasi bedah konvensional. Laparoskopi hanya menimbulkan sedikit bekas luka  seperti tusukan di perut dan proses pun menggunakan kontrol komputer sehingga mampu menjangkau seluruh organ tubuh. Sementara, operasi bedah konvensional akan menimbulkan bekas sayatan yang cukup lebar dan akan mengalami kesulitan untuk melihat seluruh organ tubuh.

Ketika Kantung Empedu Harus Dibuang

Operasi kantung empedu (kolesistektomi) harus dilakukan apabila kristal kolesterol dalam darah atau batu empedu menimbulkan  gejala nyeri kolik yang hebat. Apabila tidak segera dilakukan, dikhawatirkan kantung empedu akan jebol (perforasi) sehingga berakibat infeksi berat serta kematian. Pada beberapa keadaan khusus, batu empedu yang tidak menimbulkan gejala pun perlu dilakukan operasi, misalnya orang dengan batu empedu yang berukuran lebih dari dua cm, menderita penyakit  diabetes melitus dan mengalami pengapuran pada kantung empedu. Tujuan dilakukannya pengangkatan batu empedu ini untuk mencegah terjadinya gejala penyakit batu empedu yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan dari penyakit batu empedu, kini telah hadir TNX. Obat herbal yang berasal dari tanaman mengkudu atau pace atau noni. Manfaat TNX pada penderita batu empedu, yaitu mengikis batu empedu, mengeluarkan batu empedu, memperbaiki sel kantung empedu dari peradangan akibat kristal kolesterol dalam darah serta mengembalikan fungsi sel organ empedu

TNX berasal dari bahan alami yang 100% aman dan halal dikonsumsi manusia. Karena TNX telah mendapatkan  tiga sertifikat yang diperoleh dari dalam maupun luar negeri, yaitu sertifikat dari Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) Indonesia, sertifikat dari Badan Administrasi Halal di Amerika (Islamic Food and Nutrition Council of America, dan sertifikat dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

TNX merupakan suplemen yang bisa mencegah penyakit dan merawat kesehatan tubuh. Kunjungi / untuk bisa membeli produk yang asali dan anda pun  berkonsultasi tentang kristal kolesterol dalam darah yang anda alami.

 

Apa Itu TNX dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNX Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

12  
Mohon Diisi Pak/Bu  
   
Mohon Isi Nama Depan Anda
   
  Mohon Isi Email Anda
   
   
 
     
Konsultasi via WA Klik Disini !